Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing)

       Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kemampuan yang dimiliki manusia untuk dipergunakan bertutur dengan manusia lainnya dengan tanda, misalnya kata dan gerakan. Kajian ilmiah terhadap bahasa disebut dengan linguistik. Bahasa dalam bentuk tulis dapat berupa catatan dan tulisan dari pengetahuan yang didapat oleh manusia sedangkan dalam bentuk lisan merupakan sarana komunikasi antar individu dalam suatu masyarakat. Bahasa sendiri memliki tujuan yaitu :
1. Sebagai alat komunikasi
2. Sebagai alat pemersatu bangsa
3.Sebagai identitas suatu suku atau bangsa   

    Bahasa sebagai bagian terpenting dalam kehidupan manusia terutama dalam berinteraksi pada Pemrosesan bahasa alami, disingkat PBA atau NLP (natural language processing), adalah cabang ilmu komputer dan linguistik yang mengkaji interaksi antara komputer dengan bahasa (alami) manusia. Linguistik adalah ilmu tentang bahasa atau ilmu yang menjadikan bahasa sebagai objek kajiannya. Pemrosesan bahasa alami (natural language processing) sering dianggap sebagai cabang dari kecerdasan buatan dan bidang kajiannya bersinggungan dengan linguistik komputasional. Kajian NLP(natural language processing) antara lain mencakup :
1. Segmentasi tuturan (speech segmentation) : proses identifikasi batas antara kata, suku kata, atau fonem pada bahasa alami lisan. Istilah ini digunakan baik bagi proses mental yang dilakukan oleh manusia, maupun proses buatan oleh pemrosesan bahasa alami.
2. Segmentasi teks (text segmentation) : proses pemisahan teks tertulis menjadi unit makna seperti kata, kalimat, atau topik. 
3. Penandaan kelas kata (part-of-speech tagging) : proses penandaan kata pada suatu teks dalam kaitannya dengan suatu kelas kata tertentu berdasarkan definisi dan maknanya hubungannya dengan kata yang mendampingi atau yang terkait dengannya pada suatu frasa, kalimat, atau paragraf. 
4. Pengawataksaan maksa (word sense disambiguation) : masalah terbuka pemrosesan bahasa alami berupa proses identifikasi makna kata polisemi yang digunakan pada suatu kalimat. Meskipun kajiannya dapat mencakup teks dan tuturan, pemerosesan tuturan (speech processing) telah berkembang menjadi suatu bidang kajian terpisah.

     Pengolahan Bahasa Alami (Natural Language Processing) memberi kemampuan pengguna komputer untuk berkomunikasi dengan komputer dalam bahasa mereka sendiri (bahasa manusia). Komunikasi dapat dilakukan dengan percakapan alih-alih menggunakan perintah yang biasa digunakan dalam bahasa komputer biasa. Bidang Pemrosesan Bahasa Alami di bagi lagi menjadi 2 bagian yaitu: 
1. Pemahaman bahasa alami, yang mempelajari metode yang memungkinkan komputer mengerti perintah yang diberikan dalam bahasa manusia biasa. Dengan kata lain komputer dapat memahami manusia.
2. Pembangkitan bahasa alami, sering disebut juga sintesa suara. Yang membuat komputer dapat membangkitkan bahasa manusia biasa sehingga manusia dapat memahami komputer secara mudah.


Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemrosesan_bahasa_alami
https://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_wicara 
https://id.wikipedia.org/wiki/Segmentasi_teks
https://id.wikipedia.org/wiki/Penandaan_kelas_kata
https://id.wikipedia.org/wiki/Disambiguasi_makna
http://devinpasyaaa.blogspot.co.id/2016/10/sistem-cerdas.html#

Komentar

Postingan Populer