Jenis-Jenis Sorting Algoritma Pemrograman

Jenis-jenis sorting ada 9 yaitu : 
Selection Sort, Bubble Sort, Insertion Sort, Merge Sort, Quick Sort, Shell Sort, Radix Sort, Bucket Sort, Heap Sort. Berikut dibawah ini adalah pengertiannya :

  1. Selection Sort  : Pengurutan dilakukan dengan memilih elemen terbesar dan menempatkan pada posisinya, kemudian mencari element terbesar berikutnya dan menempatkan pada tempatnya, dan seterusnya.
  2. Bubble Sort  : Bubble sort (metode gelembung) adalah metode/algoritma pengurutan dengan dengan cara melakukan penukaran data dengan tepat disebelahnya secara terus menerus sampai bisa dipastikan dalam satu iterasi tertentu tidak ada lagi perubahan. Jika tidak ada perubahan berarti data sudah terurut. Disebut pengurutan gelembung karena masing-masing kunci akan dengan lambat menggelembung ke posisinya yang tepat.
  3. Insertion Sort : Algoritma insertion sort pada dasarnya memilah data yang akan diurutkan menjadi dua bagian, yang belum diurutkan dan yang sudah diurutkan. Elemen pertama diambil dari bagian array yang belum diurutkan dan kemudian diletakkan sesuai posisinya pada bagian lain dari array yang telah diurutkan. Langkah ini dilakukan secara berulang hingga tidak ada lagi elemen yang tersisa pada bagian array yang belum diurutkan
  4. Merge Sort : merupakan jenis pengurutan yang dirumuskan dalam 3 tahap berpola divide-and-conquer berikut tahapan Merge Sort :
    • Divide = Memilah elemen – elemen dari rangkaian data menjadi dua bagian. 
    • Conquer = setiap bagian dengan memanggil prosedur merge sort secara rekursif.
    • Kombinasi = Mengkombinasikan dua bagian tersebut secara rekursif untuk mendapatkan rangkaian data yang berurutan.
  5. Quick Sort : merupakan metode pengurutan dengan algoritma berdasarkan pola divide and-conquer.   
  6. Metode Shell (Shell Sort) : Metode ini disebut juga dengan metode pertambahan menurun (diminishing increment). Metode ini dikembangkan oleh Donald L. Shell pada tahun 1959, sehingga
    sering disebut dengan Metode Shell Sort. Metode ini mengurutkan data dengan cara membandingkan suatu data dengan data lain yang memiliki jarak tertentu, kemudian dilakukan penukaran bila diperlukan.
  7. Radix Sort : adalah metode sorting yang ajaib yang mana mengatur pengurutan nilainya tanpa melakukan beberapa perbandingan pada data yang dimasukkan.
  8. Bucket Sort : merupakan algoritma sorting yang mempartisi deret angka menjadi beberapa deret yang kemudian dianalogikan menjadi ember.
  9. Heap Sort : merupakan metode sorting yang menggunakan struktur data heap, dengan nilai parent selalu lebih besar dari pada nilai childnya.
Referensi :
http://dodik99.blogspot.com/2014/03/macam-macam-jenis-metode-sorting.html

http://gentongkosong.blogspot.com/2011/12/macam-macam-sorting.html


Komentar

  1. Penjelasannya sangat bagus…
    Kunjungi blog saya juga membahas materi dibawah ini beserta kodingnya baik Java, PHP maupun C dan C++

    • Merge sort
    CLICK ME

    • Selection sort
    CLICK ME

    • Insertion sort
    CLICK ME

    • Quick Sort
    CLICK ME

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer