Sikap Ilmiah Yang Harus Di Miliki Seseorang


Sikap Ilmiah adalah sikap yang harus ada pada diri seorang ilmuwan atau akademisi dalam menghadapi persoalan-persoalan ilmiah.
Ada 7 sikap ilmiah yang haruss dimiliki oleh mahasiswa, diantaranya yaitu:
  1. Sikap Ingin Tahu, jika menghadapi suatu masalah yang baru saja dikenalnya, maka dia akan berusaha untuk mengetahuinya. 
  2. Sikap Obyektif, melihat sesuatu dengan sebgaimana adanya obyek itu, dengan kata lain mereka dapat mengatakan secara jujur dan menjauhkan kepentingan dirinya sebagai subyek. 
  3. Sikap Kritis, tidak langsung begitu saja mmeneriima kesimpulan tanpa adanya bukti yang kuat, kebiasaan menggunakan bukti-bukti pada waktu menarik kesimpulan. Sehingga mengubah pendapatnya menjadi bukti-bukt ang kuat. 
  4. Sikap Menghargai Karya Orang Lain, tidak akan mengakui dan memandang karya orang lain sebgai karyanya sendiri, menerima kebenaran ilmiah. 
  5. Sikap Ingin Menemukan, selalu memberikan saran-saran untuk eksperimen baru. Selalu memberikan konsultas yang baru dar pengamatan yang dilakukannya. 
  6. Sikap Terbuka, bersedia mendengarkan argumen orang lain sekali pun berbeda dengan apa yang diketahuinya, menerima kritikan dan respon negatif terhadap dirinya dan berfikir itu adalah masukan yang baik untuk dirinya kedepannya. 
  7. Sikap Tekun, tidak bosan mengadakan penyelidikan. Bersedia mengulangi eksperimen yang hasilnya meragukan. Tidak akan berhenti melakukan kegiatan-kegiatannya apabila belum selesai. Terhadap hal-hal yang ingin diketahuinya ia berusaha bekerja dengan teliti.
Referensi :

Komentar

Postingan Populer