UNIT ANALISIS E-GOVERNMENT DAN KATEGORISASI PROVINSI SUMATERA BARAT


          Pada analisis website Sumatera Barat kami menganalisis 6 unit analisis. Pada unit pertama yaitu informasi menu utama, website Provinsi Sumatera Barat unggul dengan nilai total 82.5 karena pada kategori Potensi Daerah dan Kualitas SDM memiliki nilai cukup tinggi. Walaupun pada kategori Potensi Daerah memiliki nilai yang sama dengan website Solok namun pada website Solok tidak memiliki nilai Kualitas SDM dan pada kategori Kualitas SDM memiliki nilai yang sama dengan website Pasaman tetap lebih unggul website  Sumatera Barat karena website Pasaman memiliki nilai Potensi Daerah yang lebih kecil.
          Unit analisis ke-dua yaitu Informasi Tambahan dalam Fasilitas Website. Pada unit kedua ini website Sumatera Barat masih unggul dengan nilai total 81. Website Sumatera Barat memiliki nilai cukup tinggi pada kategori Tahap I yang tidak dimiliki oleh website Solok dan Tahap II yang nilainya lebih besar dari website Solok dan website Pasaman. Untuk Tahap III website Sumatera Barat dan website Pasaman memiliki nilai yang sama sehingga tidak dapat dibandingkan.
          Pada unit analisis ke-tiga mengenai Penyediaan Hubungan, website Sumatera Barat masih unggul dengan nilai 89. Website Sumatera Barat memiliki nilai yang tinggi pada setiap kategorinya, sedangkan nilai terkecil diperoleh oleh website Solok. Pada unit analisis ini nilai terbesar website Sumatera Barat terdapat pada kategori G2C sedangkan website Solok tidak memiliki nilai kategori pertama ini dan website Pasaman memiliki nilai yang berbeda 35 poin lebih kecil dari website  Sumatera Barat
          Untuk waktu pengaksesan website ini kami memberi nilai 100 pada website Sumatera Barat dan website Pasaman, karena memang saat kami mengakses website tersebut dapat diakses kurang dari 10 detik dan pada website Solok sedikit lebih lama. Namun pengaksesan website ini juga tergantung dengan provider atau internet yang digunakan.
          Pada unit Design website Solok lebih unggul karena pada kategori animasi dan grafis memiliki nilai yang lebih tinggi dari website Sumatera Barat dan website Pasaman. Untuk kategori Teks Lengkap website Solok dan website Pasaman memiliki nilai yang sama sedangkan dengan website Sumatera Barat memiliki nilai berbeda 5 poin lebih rendah. Dan terakhir untuk unit Jumlah Tingkatan Informasi website Sumatera Barat kembali unggul dengan nilai 79.5. Walaupun tidak terlalu jauh dari website Pasaman namun website Sumatera Barat unggul pada kategori 3 Tingkat dan 4 Tingkat. 

Komentar

Postingan Populer