PROSES KOMUNIKASI
PROSES KOMUNIKASI
Model komunikasi haruslah lengkap,
apabila salah satu elemen komunikasi tidak ada, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan
baik. Berikut penjabaran komponen-komponen proses dalam komunikasi antara lain
:
- Pengirim
Kenapa disebut pengirim? Karena ia
adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi juga mempunyai
kepentingan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Benar,
peran pengirim itu penting dalam sebuah komunikasi, jika tidak ada
pengirim . sebuah proses selanjutnya tidak akan berjalan.
- Pengkodean (Encoding)
Pengkodean yaitu pengirim mengkodean
informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat. Biasanya seorang menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan
anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan dari
pengkodean ini adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku
- Pesan (Massage)
Pesan dapat dalam segala bentuk
biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima, materi pesan dapat berupa informasi , ajakan atau yang lainnya
Pemilihan media dapat dipengaruhi
oleh isi pesan yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dan
sebagainya, ini salah satu media yang sangat
dibutuhkan agar penyapaian pesan atau proses komunikasi dapat berjalan secara
efektif"
- Penerima
adalah orang yang menafsirkan pesan
penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak
akan terjadi , " Penerima pesan adalah orang yang
dapat memahami pesan dari sipengirim baik dalam bentuk
code/isyarat dan pastinya tanpa mengurangi arti pesan yang dimaksud
oleh pengirim tersebut"
- Penafsiran kode (Decoding)
Proses dimana penerima menafsirkan
pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya . Jika semakin
tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka
semakin efektif komunikasi yang terjadi. "jika
proses komunikasi tidak diterjemahkan menjadi informasi yang berarti, maka
proses komunikasi tersebut seakan tidak relevan"
- Umpan Balik (Feedback)
Umpan balik adalah isyarat atau
tanggapan yang berisi kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal
maupun nonverbal. "Hal ini penting supaya
pengirim pesan dapat mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman
yang benar dan tepat.. umpan balik yang disampaikan oleh penerima pesan
secara umum merupakan balikan langsung yang mengandung pemahaman atas
pesan tersebut juga sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau
tidak , umpan balik juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membantu
menumbuhkan kepercayaan serta dapat memperjelas persepsi"
Komentar
Posting Komentar