CONTOH GAYA KEPEMIMPINAN DI SEKITAR LINGKUNGAN



Kepemimpinan adalah kemampuan sesorang mempengaruhi dan memotivasi orang lain untuk melakukan sesuatu sesuai tujuan bersama. Kepemimpinan meliputi proses mempengaruhi dalam menentukan tujuan organisasi, memotivasi perilaku agar mencapai tujuan, mempengauhi untuk memperbaiki kelompok dan budaya.
Disini saya akan memberikan contoh gaya kepemimpinan dari orang tua saya  yaitu Ibu. Didalam keluarga, ibu memberikan contoh Gaya Kepemimpinan Moralis. Mengapa saya berfikir demikian karena ibu sangat hangat, sopan, sabar dan murah hati. 

Mama yang pake kerudung ^^
Ibu sangat hangat dikala anak-anaknya sedang mempunyai masalah ibu bisa tahu dan busa merangkul anak-anaknya. Ibu juga selalu mengajarkan kami berperilaku sopan karena perilaku yang kita lakukan adalah cerminan dari diri kita sendiri. Ibu juga sangat-sangat sabar, meskipun saya 4 bersaudara ibu sangat sabar disaat kami adik dan kaka saling bertengkar membuat ribut ibu selalu sabar menghadapi dan menyelesaikannya, disaat kami nakal ibu juga sangat sabar memberi kami bimbingan. Sabar ? Tentu saja. Murah hati ? Tepat sekali.Segala bentuk kebajikan kepada anak-anaknya ada dalam diri ibu. Tidak heran kami semua 4 bersaudara selalu datang kepada dirinya karena ibu memberikan kehangatan terlepan dari segala kekurangannya.

Kelebihan Gaya Kepemimpinan Moralis ini efektif bila :
1. Dia berhasil mengatasi kelabilan emosionalnya, dan seringkali ini adalah perjuangan seumur hidupnya.
2. Belajar mempercayai orang lain alias membiarkan mereka melakukan dengan cara mereka, bukan dengan cara anda.

Kelemahan dari Gaya Kepemimpinan Moralis seperti ini adalah emosinya. Memang jika sudah marah emosinya akan benar-benar memuncak. Rata-rata gaya kepemimpinan seperti ini sangat tidak stabil kadang bisaa tampak sedih dan kadang bisa juga tapak  mengerikan. Tetapi kadang pula bisa sangat menyenangkan dan sangat bersahabat.


REFERENSI :

Komentar

Postingan Populer