PROSES KOMUNIKASI

PROSES KOMUNIKASI
Model komunikasi haruslah lengkap, apabila salah satu elemen komunikasi tidak ada, maka komunikasi tidak akan berjalan dengan baik. Berikut penjabaran komponen-komponen proses dalam komunikasi antara lain :

  • Pengirim
Kenapa disebut pengirim? Karena ia adalah seseorang yang mempunyai kebutuhan atau informasi juga mempunyai kepentingan untuk berkomunikasi kepada orang lain. Benar, peran pengirim itu  penting dalam sebuah komunikasi, jika tidak ada pengirim . sebuah proses selanjutnya tidak akan berjalan.

  • Pengkodean (Encoding)
Pengkodean yaitu pengirim mengkodean informasi yang akan disampaikan ke dalam symbol atau isyarat. Biasanya seorang  menyampaikan pesan dalam bentuk kata-kata, gerakan anggota badan, (tangan, kepala, mata dan bagian muka lainnya). Tujuan dari pengkodean ini adalah untuk mengajak, membujuk, mengubah sikap, perilaku 

  • Pesan (Massage)
Pesan dapat dalam segala bentuk biasanya dapat dirasakan atau dimengerti satu atau lebih dari indra penerima, materi pesan dapat berupa informasi , ajakan atau yang lainnya

Pemilihan media dapat dipengaruhi oleh isi pesan  yang akan disampaikan, jumlah penerima pesan, situasi dan sebagainya, ini salah satu media yang sangat dibutuhkan agar penyapaian pesan atau proses komunikasi dapat berjalan secara efektif"

  •  Penerima 
adalah orang yang menafsirkan pesan penerima, jika pesan tidak disampaikan kepada penerima maka komunikasi tidak akan terjadi , " Penerima pesan adalah orang yang dapat memahami pesan  dari sipengirim baik dalam bentuk code/isyarat  dan pastinya tanpa mengurangi arti pesan  yang dimaksud oleh pengirim tersebut"

  •  Penafsiran kode (Decoding)
Proses dimana penerima menafsirkan pesan dan menterjemahkan menjadi informasi yang berarti baginya . Jika semakin tepat penafsiran penerima terhadap pesan yang dimaksudkan oleh penerima, Maka semakin efektif komunikasi yang terjadi. "jika proses komunikasi tidak diterjemahkan menjadi informasi yang berarti, maka proses komunikasi tersebut seakan tidak relevan"

  • Umpan Balik (Feedback)
Umpan balik adalah isyarat atau tanggapan yang berisi  kesan dari penerima pesan dalam bentuk verbal maupun nonverbal. "Hal ini penting  supaya pengirim pesan dapat mengetahui apakah pesan sudah diterima dengan pemahaman yang benar dan tepat.. umpan balik  yang disampaikan oleh penerima pesan secara umum merupakan balikan langsung  yang mengandung pemahaman atas pesan tersebut juga sekaligus merupakan apakah pesan itu akan dilaksanakan atau tidak , umpan balik juga bisa menjadi bahan pertimbangan untuk membantu menumbuhkan kepercayaan serta dapat memperjelas persepsi"

Komentar

Postingan Populer