CIRI-CIRI ORGANISASI

Dalam ulasan yang sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian organisasi. Kali ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri yang ada dalam organisasi itu apa saja.
Adapun ciri-ciri organisasi adalah sebagai berikut: 
  1. Mempunyai tujuan dan sasaran untuk dicapai dalam suatu organisasi
  2. Mempunyai keterikatan format, aturan dan tata tertib yang harus ditaati anggota dari organisasi tersebut
  3. Adanya kerja sama dari sekelompok orang  dalam pembagian kerja
  4. Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang

Ada pula ciri-ciri organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Ciri-ciri organisasi menurut para ahli yaitu Barelson dan Stainer
  • Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya 
  • Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut. 
  • Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
  • Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut

REFERENSI
http://brainly.co.id/tugas/1531552
https://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/ 
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html

Komentar

Postingan Populer