Manusia Dan Pandangan Hidup

1. PANDANGAN HIDUP & IDEOLOGI
Pandangan Hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan, serta petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan dimana dia hidup. Setiap manusia mempunya pandangan  hidup yang bersifat kodrati yang  menentukan masa depan seseorang. Pandangan hidup timbul bukan seketika atau dengan waktu yang singkat, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus-menerus, sehingga hasil pemikiran tersebut dapat menjadi kenyataan. 
Pandangan hidup dapat diklasifikasikan berdasarkan asalnya yaitu terdiri dari 3 macam yaitu :
  • Pandangan hidup yang berasal dari agama
  • Pandangan hidup yang berupa ideologi
  • Pandangan hidup hasil renungan
Ideologi adalah pemikiran yang mencakup konsepsi mendasar tentang kehidupan dan memiliki metode untuk merasionalisasikan pemikiran tersebut berupa fakta, metode menjaga pemikiran tersebut agar tidak menjadi absurd dari pemikiran-pemikiran yang lain dan metode untuk menyebarkannya.
 
2. KEBIJAKAN
Kebijakan adalah rangkaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam pelaksanaan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak . Istilah ini dapat diterapkan pada pemerintahan, organisasi dan kelompok sektor swasta, serta individu. Kebijakan berbeda dengan peraturan dan hukum. Jika hukum dapat memaksakan atau melarang suatu perilaku (misalnya suatu hukum yang mengharuskan pembayaran pajak penghasilan), kebijakan hanya menjadi pedoman tindakan yang paling mungkin memperoleh hasil yang diinginkan.
Kebijakan atau kajian kebijakan dapat pula merujuk pada proses pembuatan keputusan-keputusan penting organisasi, termasuk identifikasi berbagai alternatif seperti prioritas program atau pengeluaran, dan pemilihannya berdasarkan dampaknya. Kebijakan juga dapat diartikan sebagai mekanisme politis, manajemen, finansial, atau administratif untuk mencapai suatu tujuan eksplisit.

3. KEYAKINAN AKAN KEPERCAYAAN
Keyakinan adalah suatu sikap yang ditunjukkan oleh manusia saat ia merasa cukup tahu dan menyimpulkan bahwa dirinya telah mencapai kebenaran. 
Kepercayaan adalah suatu keadaan psikologis pada saat seseorang menganggap suatu premisi benar. jika kita yakin dalam satu hal maka kepercayaan akan muncul, keyakinan dan kepercayaan sangan berdampingan dalam hidup.
Keyakinan akan kepercayaan merupakan suatu sikap yang bisa saja terjadi dalam kehidupan nayata, tetap keyakinan seseorang tidak selalu benar ataukeyakinan semata bukanlah jaminan kebenaran. jika keyakinan tidak ada maka kepercayaan dalam keraguan akan muncul, dan kesalahan akan sering kali menghalangi. 

4. CONTOH KASUS
Setelah membahas mengenai manusia dan pandangan hidup kita dapat mengambil contoh  seseorang yang punya cita-cita menjadi dokter. Ketika dia tidak masuk jurusan IPA dia stress, lalu gagal dalam SNMPTN / SBMPTN Kedokteran dia stress. Jika dilihat dari contoh kasus tersebut pandangan hidupnya hanya tertuju untuk menjadi seorang dokter saja, dia tidak memikirkan kehidupannya yang lain karena tidak semua orang bisa menentukan cita-cita. Jika tidak bisa menentukan cita-cita, maka bercita-citalah untuk menjadi orang yang berguna dan dicintai orang banyak dengan hidup yang berkecukupan.


https://id.wikipedia.org/wiki/Kebijakan 
https://nopva.wordpress.com/2011/02/25/keyakinan-dan-kepercayaan/
http://mamz.weebly.com/manusia-dan-pandangan-hidup.html








Komentar

Postingan Populer