MANUSIA DAN KEBUDAYAAN (part 1)


A.    PENGERTIAN MANUSIA
Manusia (Homo Sapien) adalah makhluk yang berpikir dan memiliki rasa, serta emosi. Manusi memiliki bentuk yang paling sempurna dan memiliki akal budi. Manusia dapat diartikan berbeda-beda dari segi biologis, rohani, dan unsur dalam diri manusia :
  1. Jasad : Badan yang tampak, dapat diraba, dan dapat menempati ruang dan waktu 
  2. Hayat : Mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak 
  3. Ruh : Daya yang bekerja secara spiritual dan dapat memehami kebenaran 
  4. Nafas : Dalam pengertian diri atau keakuan yaitu kesadaran diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentang diri sendiri.

B.   HAKIKAT MANUSIA
Hakikat manusia adalah makhluk tuhan yang paling sempurna
Hakikat manusia yaitu :
  1. Individu yang memiliki sifat rasional dalam bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual 
  2. Mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif yang mampu mengontrol/mengendalikan diri dan mampu menentukan nasibnya.
           Individu yang ada dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk dapat ditempati.

C.     KEPRIBADIAN BANGSA TIMUR
Manusia yang hidup dimuka bumi ini mendiami wilayah yang berbeda-beda, ada yang mendiami wilayah timu, wilayah barat, dan wilayah timur tengah. Hal inilah yang membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan bahkan kepribadian setiap manusia disuatu wilayah juga berbeda-beda. Negara Indonesia termasuk dalam bangsa Timur, yang banyak dikenal sebagai bangsa yang berkpribadian baik, ramah, serta bersahabat.
Kepribadian bangsa timur diartikan sebagai sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya terhadap lingkungan. Pada umumnya kepribadian bangsa timur memiliki sifat toleransi yang tinggi. Bangsa timur sangat identik dengan benua Asia yang penduduknya sebagaian besar berambut hitam, berkulit sawo matang tapi ada pula yang berkulit putih. Cara berpakaian orang timur lebih sopan dan tertutup itu mungkin dikarenakan orang timur kebanyakan memeluk agama islam dan sangatmenjunjung tinggi norma-norma yang berlaku. Namun di zaman yang sekarang ini orang timur kebanyakan meniru orang barat. Kebiasaan oran barat yang tidak sesuai dan bertentangan dengan kebiasaan orang timur dapat mempengaruhi kejiwaan. Namun walaupun kita sudah tahu tentang kepribadian bangsa timur tetapi kita tidak bisa selalu beranggapan bahwa kebudayaan bangsa timur lebih baik dari kebudayaan bangsa barat. Karena semua hal pasti ada sisi positif maupun sisi negatif nya.

 

Komentar

Postingan Populer