Audit Teknologi Sistem Informasi

PENGERTIAN

AUDIT  
Audit atau pemeriksaan adalah evaluasi terhadap suatu organisasi, sistem, proses dan produk. Audit dilaksanakan oleh pihak yang kompeten, objektif dan tidak memihak yang disebut auditor.

TEKNOLOGI
Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-baranfg yan diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana.

SISTEM INFORMASI
Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya. Jadi sistem informasi adalah sekumpulan informasi yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan.

AUDIT SISTEM INFORMASI
Audit sistem Informasi adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi informasi secara menyeluruh. Istilah lain dari audit sistem informasi adalah audit komputer. Secara umum audit komputer merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi.

FENOMENA ERA SISTEM INFORMASI

Ada empat periode atau era perkembangan sistem informasi yang dimulai dari pertama kali diketemukannya komputer hingga saat ini. Keempat era tersebut (Cast et.al., 1992) terjadi tidak hanya dipicu oleh perkembangan teknologi komputer yang sedemikian pesat, namun didukung pula oleh teori-teori baru mengenai manajemen perusahaan modern.
1. Era Komputerisasi
Dimulai sekitar tahun 1960-an ketika mini computer dan mainframe diperkenalkan perusahaan seperti IBM ke dunia industri. Kemampuan menghitung yang cepat menyebabkan banyak sekali perusahaan yang memanfaatkkannya untuk keperluan pengolahan data. Pada masa ini pemakaian komputer ditunjukan untuk meningkatkan efesiensi, mempergunakan komputer jauh lebi efisien dari segi waktu dan biaya dibandingkan dengan mempekerjakan banyak SDM (Sumber Daya Manusia) untuk hal serupa.

2. Era Teknologi Informasi
Kemajuan teknologi digitan membawa komputer memasuki masa-masa revolusinya. Di awal tahun1970-an, teknologi PC (Personal Conputer) diperkenalkan sebagai alternatif pengganti mini computer. Seperangkat PC dapat memperoleh data atau informasi yang telah diolah oleh komputer dengan kecepatan yang hampir sama dengan kecepatan mini computer bahkan mainframe. Kegunaan komputer tidak hanya meningkatkan efisiensi namun mendukung proses kerja yang lebih efektif. Tidak seperti halnya pada era komputerisasi dimana komputer hanya menjadi milik pribadi, di era kedua ini setiap individu di organisasi dapat memanfaatkan kecanggihan komputer seperti untuk mengolah database, spreadsheet, dan data processing.
Pada era inilah komputer memasuki babak barunya, yaitu sebagai suatu fasilitas yang dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan, terutama yang bergerak dibidang pelayanan atau jasa.

3. Era Manajemen Perubahan
Diperkenalkan di awal tahun 1980-an. Tidak seperti pada era kedua sebelumnya yang lebih menekankan pada unsur teknologi, pada era manajemen perubahan ini yang lebih ditekankan adalah sistem informasi dimana komputer dan teknologi informasi merupakan komponen dari sistem tersebut. Peranan komputer dan teknologi informasi yang digabungkan dengan komponen lain seperti proses, prosedur, struktur organisasi, SDM, budaya perusahaan, manajemen dalam membentuk sistem informasi yang baik dalam keberhasilan perusahaan secara strategis.

4. Era Globalisasi Informasi
Fenomena sejak pertengahan tahun 1980-an perkembangan dibidang teknologi informasi sangatlah pesat. Penerapan teknologi seperti LAN, WAN, Internet, Intranet semakin merata dan membudaya di masyarakat. Terbukti sangat sulit untuk menentukan perangkat hukum yang sesuai dan terbukti efektif untuk menangkal segala hal yang berhubungan dengan informasi.


PERKEMBANGAN AUDIT SAAT INI

Pada bidang audit, para akuntan Indonesia mengikuti sistem Amerika. Namun akhir-akhir ini, Indonesia mulai beralih kepada ISA (International Standard Auditing). ISA dipilih karena sistemnya lebih mencekam untuk melihat kecurigaan bagi auditor, dan ISA juga menakankan lebih melihat kesesuatu yang belum terbaca bukan melihat penilaian yang sudah terlihat.

REVIE SOFTWARE AKUNTANSI

Aplikasi komputer yang lebih dikenal dengan perangkat lunak (software) memiliki berbagai maca bentuk. Ada yang digunakan untuk mengedit foto seperti photoshop dan lainnya. Software akuntansi adalah perangkat lunak untuk memudahkan pencatatan dan aktibitas dari akuntansi. Software akuntansi memanfaatkan konsep modularitas dimana serangkaian aktivitas yang serupa diubah kedalam modul-modul yang spesifik. Seperti penjualan, pembelian, penggajian, buku besar dan lainnya. Salah satu software akuntansi adalah Easy Accounting System (EAS) 


dibangun sejak tahun 2009 dibawah naungan PT Global Fortuna Teknotama, merupakan software akuntansi keuangan yang dapat digunakan untuk menjalankan berbagai jenis opersi bisnis seperti distribusi, jasa, retail, konstruksi, developer, rumah sakit, export import. Easy Accounting System (EAS) hanya dapat berjalan di dalam system operas windowadan belum didukung oleh wb based.


Referensi :

Komentar

Postingan Populer