CIRI-CIRI ORGANISASI
Dalam ulasan yang sebelumnya sudah dijelaskan mengenai pengertian organisasi. Kali ini akan dijelaskan mengenai ciri-ciri yang ada dalam organisasi itu apa saja.
Adapun ciri-ciri organisasi adalah sebagai berikut:
- Mempunyai tujuan dan sasaran untuk dicapai dalam suatu organisasi
- Mempunyai keterikatan format, aturan dan tata tertib yang harus ditaati anggota dari organisasi tersebut
- Adanya kerja sama dari sekelompok orang dalam pembagian kerja
- Mempunyai koordinasi tugas dan wewenang
Ada pula ciri-ciri organisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut :
Ciri-ciri organisasi menurut para ahli yaitu Barelson dan Stainer
- Formalitas, adalah ciri organisasi sosial yang merujuk pada perumusan tertulis daripada peraturan-peraturan, ketetapan-ketetapan prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi dan seterusnya
- Hierarki, adalah ciri organisasi yang mengacu pada pola kekuasaan dan kewenangan yang berbentuk piramida, artinya terdapat orang-orang tertentu dengan kekuasaan dan kewenangan yang tinggi dari pada orang biasa dalam organisasi tersebut.
- Besar dan Kompleksnya, adalah ciri organisasi sosial yang memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial antar anggota adalah tidak langsung (impersonal) yang biasanya disebut dengan "gejala birokrasi"
- Lamanya (Duration), adalah ciri organisasi dimana eksistensi organisasi lebih lama dari pada keanggotaan pada organisasi tersebut
REFERENSI
http://brainly.co.id/tugas/1531552
https://maliqren.wordpress.com/2011/11/27/ciri-ciri-organisasi/
http://www.artikelsiana.com/2015/04/pengertian-organisasi-tujuan-ciri-ciri-manfat-unsur-unsur-organisasi.html
Komentar
Posting Komentar